Jurnal Pembelajaran Sastra (Journal of Literary Education) is a media for researchers, faculties members, and graduate students to publish their research papers in the field of literary education. The topics includes, but not limited to, the theories of and methodologies as well as  interdisciplinary literary education,  from pre-school level up to tertiary education level.  Jurnal Pembelajaran Sastra is published twice a year (June, December) by HISKI Komisariat Malang. The articles can be written in English or Bahasa Indonesia.

Diindeks oleh:

1. Google Scholar

2. Base

3. Crossref

 

Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Sastra

PENGANTAR REDAKSI

Syukur Alhamdulillah, Jurnal Pembelajaran Sastra Volume 3 no. 1 (2021) bisa kami hadirkan ke hadapan pembaca, meskipun mengalami keterlambatan karena pandemi Covid-19 yang mempengaruhi ritme kerja dan semua aspek kehidupan kita.  Edisi kali ini memuat artikel-artikel yang memberi inspirasi bagi pembaca dan peneliti sastra dan pembelajaran sastra. Dari lima artikel, tiga di antaranya merupakan artikel yang mengulik tema pembelajaran sastra dan dua artikel bertema kajian sastra.

Artikel bertema pembelajaran sastra bisa kita baca pada artikel yang ditulis oleh Bapak Sudibyo, berjudul “Nilai Kepahlawanan, Sastra Sejarah, dan Pembelajaran Sastra.” Artikel ini memaparkan dan menggali lebih lanjut tentang muatan sejarah dalam karya sastra yang mempunyai peran strategis untuk menanamkan nilai nilai kepahlawanan. Karya sastra bermuatan sejarah penting bagi siswa dalam memahami sastra sekaligus membangun pemaknaan akan peristiwa sejarah yang termaktub di dalamnya.  Artikel pembelajaran sastra juga ditulis oleh Muhammad Ihya Ulumuddin dan Arif Setiawan dengan tema Peningkatan ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa MTs, menggunakan pendekatan joyful learning, pembelajaran yang menyenangkan, yang mendorong siswa untuk lebih mengingkatkan ketrampilan menulis cerita.  Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penelitian pembelajaran sastra juga menyentuh penggunaan berbagai bentuk karya sastra di berbagai platform media sosial. Tema ini diusung oleh Maharani Wahyu Wisesa dan Nita Widiati dalam artikel yang memfokuskan pada puisi karya siswa SMAN 53 Jakarta Timur yang diunggah di Podcast. Didorong oleh konteks pembelajaran di masa pandemi dan perkembangan teknologi informasi, podcast menjadi salah satu wadah untuk mengakomodasi kreativitas dan produktivitas siswa dalam berkarya, dan memaknai situasi yang tidak biasa di sekitar mereka.

Artikel mengenai kajian sastra dalam edisi ini bisa dibaca dari dua artikel. Yang pertama, artikel yang ditulis oleh Ardi Wina Saputra dan Tengsoe Tjahjono, berjudul “Trajektori Perempuan dalam Novel Mentari Nur Syamsiah Bersinar.” Novel ini dianalisis dengan menggunakan analisis struktural aktansial, dan analisis sosial Pierre Bourdieu ditinjau dari aspek kekerasan simbolik, dominasi maskulin, habitus, modal, ranah, dan praktik sosial, serta unsur gastronomi pada setiap aspek analisis. Analisis ini menegaskan perlawanan perempuan terhadap dominasi maskulin melalui masakan.  Artikel kajian sastra yang kedua ditulis oleh Rizky Yunita Sari dan Lilis Lestari Wilujeng, dengan tema bahasa kiasan atau Figurative Language dalam novel karya Katherine Applegate berjudul “Home of the Brave”. Artikel ini menyoroti perihal personifikasi dan strategi pengarang menggunakannya dengan perbandingan unsur alam, mengingat tokoh utama novel ini adalah imigran dari Sudan yang mengalami banyak tantangan untuk memahami berbagai konsep yang asing di Amerika.    

Selamat membaca dan mensitasinya. Tabik.

Published: 2022-05-22

View All Issues